Hikmah Anjuran Minum Dengan Posisi “DUDUK”

Pernahkah kita ingat tentang pelajaran Tata Krama dan sopan santun yang didapatkan sewaktu kecil,atau bahkan diajarkan disekolah, salah satunya adalah tentang cara atau adab makan dan minum yang baik. Hal yang sederhana memang, tapi seringkali kita tidak menyadari bahwa dibalik aturan dan anjuran menjalankan adab-adab tersebut ada hikmah yang luar biasa...

Nah kali ini saya akan berbagi hikmah tentang mengapa kita dianjurkan untuk minum tidak dilakukan dengan berdiri.

Melihat orang minum sambil berdiri bukanlah suatu hal yang aneh, bahkan dari kita sering melakukannya karena suatu kebiasaan. Tapi tahukah kita sebenarnya cara minum yang baik adalah dilakukan dengan posisi badan sedang duduk.

Dilihat dari Kacamata islam :

ada beberapa hadits yang menyebutkan tentang larangan minum sambil berdiri
Dari Anas radhiyallahu ‘anhu, beliau mengatakan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang sambil minum berdiri. (HR. Muslim no. 2024, Ahmad no. 11775 dll)

"Sesungguhnya beliau melarang seseorang minum sambil berdiri, Qotadah berkata "Bagaimana dengan makan?" beliau menjawab "itu lebih buruk lagi"" (HR Muslim dan Tirmidzi)

namun ada beberapa hadits yang menyebutkan tentang bolehnya minum sambil berdiri
Dari Ibnu Abbas beliau mengatakan, “Aku memberikan air zam-zam kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Maka beliau lantas minum dalam keadaan berdiri.”(HR. Bukhari no. 1637, dan Muslim no. 2027)

Dalam riwayat Ahmad dinyatakan bahwa Ali bin Abi Thalib mengatakan, “Apa yang kalian lihat jika aku minum sambil berdiri. Sungguh aku melihat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah minum sambil berdiri. Jika aku minum sambil duduk maka sungguh aku pernah melihat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam minum sambil duduk.” (HR Ahmad no 797)

mengenai hadits-hadits tersebut, para ulama menyimpulkan bahwa minum sambil berdiri itu diperbolehkan meskipun yang lebih baik adalah minum sambil duduk.
dalam Riyadhus Shalihin beliau mengatakan, “Bab penjelasan tentang bolehnya minum sambil berdiri dan penjelasan tentang yang lebih sempurna dan lebih utama adalah minum sambil duduk.”

Dilihat dari Kacamata Medis :

ternyata jika ditelaah dari sisi kesehatan hal ini dapat dijelaskan secara ilmiah. Dalam tubuh manusia terdapat penyaring sfringer, saringan tersebut dapat terbuka ketika kita duduk, dan akan tertutup ketika kita berdiri.

Air yang kita minum belum 100% steril untuk diolah oleh tubuh. Bila kita minum sambil berdiri maka air tidak tersaring oleh sfringer karena tertutup. air yang tidak tersaring akan langsung masuk ke kantung kemih dan dapat menyebabkan PENYAKIT KRISTAL GINJAL.

  
Berikut sedikit cara sederhana yang menyehatkan dengan menggunakan terapi air putih
Terapi Air Putih
  • Minum 2 gelas setelah bangun tidur (dapat membersihkan organ-organ internal)
  • Minum segelas air, 30 menit sebelum makan (dapat membantu fungsi seluruh pencernaan dan ginjal)
  • Minum segelas air sebelum mandi (dapat menurunkan tekanan darah)
  • Minum segelas air sebelum tidur (dapat menceah stroke dan serangan jantung)
Subhanallah,segala apa-apa yang dianjurkan oleh Rasulullah pasti bermanfaat bagi umatnya, begitu banyak Hikmah anjuran minum dengan duduk. Jadi kalau begitu demi kesehatan badan kita dan mencontoh anjuran Rasulullah,,mari kita mulai membiasakan dengan minum dalam keadaan duduk.

Mari berbagi tips sehat kepada teman dan keluarga 
Semoga bermanfaat (n_n)

0 Response to "Hikmah Anjuran Minum Dengan Posisi “DUDUK”"

Post a Comment