Khasiat Kulit Secang Untuk Bayi

Khasiat Kulit Secang Untuk Bayi
Secang atau beberapa daerah menyebutnya Sepang merupakan tanaman yang di golongkan dalam suku polong-polongan yang sering dimanfaatkan kulit kayunya untuk perdagangan rempah-rempah. Tanaman yang bernama latin (Caesalpinia sappan L) memiliki banyak sekali manfaat antara lain untuk kerajinan (batang kayunya), zat pewarna (makanan, tekstil), campuran wedang atau minuman dan untuk obat-obatan.

Kandungan utama kayu secang adalah brazilin, yaitu zat warna merah-sappan yang merupakan salah satu jenis pewarna alami yang dimiliki oleh kayu secang dan memberikan pewarna merah. Brazilin dari kayu secang teruji secara ilmiah bersifat antioksidan, antibakteri, anti-inflamasi, anti-photoaging, hypoglycemic (menurunkan kadar lemak), vasorelaxant (merelaksasi pembuluh darah), hepatoprotective (melindungi hati) dan anti-acne (anti jerawat). Ekstrak kayu secang juga ditengarai berkhasiat anti-tumor, anti-virus, immunostimulant dan lain-lain.https://goo.gl/HsfjzF

Kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang khasiat kayu secang yang dapat dimanfaatkan kesehatan kulit. Bukan hanya untuk kulit orang dewasa namun juga bisa digunakan untuk kulit bayi. saat ini anak saya berusia 5 bulan, sejak lahir sudah saya biasakan untuk mandi menggunakan rebusan air kayu secang. Awalnya saya mendapatkan anjuran ini dari tetangga yang juga belum lama memiliki seorang cucu, kemudian saya mencari informasi mengenai khasiat kayu secang tersebut. ternyata memang dengan dimandikan air secang, kulit bayi yang ketika lahir seperti kisut  atau kulit yang mengelupas akan cepat pulih dan kencang. selain itu kulit juga menjadi lebih cerah dan bersih.

Untuk menggunakan kayu secang pada bayi, caranya :
  1. Ambil kulit kayu secang secukupnya untuk dicampurkan pada bak mandi bayi,
  2. Rebus kulit kayu kedalam panci berisi air secukupnya saja, 
  3. Setelah mendidih campurkan rebusan kayu secang yang telah berwarna merah kedalam air biasa di bak mandi,
  4. Gunakan untuk memandikan bayi dengan membilas semua badan bayi dengan air tersebut
  5. Gunakan secara teratur setiap kali memandikan bayi
Rebusan air secang juga bisa digunakan untuk menyembuhkan biang keringat dan ruam-ruam pada bayi yang biasanya diakibatkan karena diapers.
Untuk mendapatkan kayu secang ini biasanya banyak dijual di pasar atau toko bahan jamu, ada yang dijual kiloan ada juga yang sudah dibungkus dengan plastik. biasanya saya membeli di Semarang dengan harga 7000 rupiah di pasar sudah mendapatkan banyak yang cukup digunakan untuk satu bulan. tetapi tidak menutup kemungkinan berbeda daerah berbeda juga harganya.

Ternyata banyak sekali tanaman di sekitar kita yang bisa diambil manfaatnya, kalau ada yang mudah, murah dan alami mengapa tidak kita gunakan.
Allah telah mengatakan dalam Al Qur'an di surat Ali Imran [3]: 191 bahwa
"(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka."
Ini adalah pengalaman pribadi saya menggunakan kayu secang untuk anak sayi. Bagi yang mempunyai pengalaman lainnya menggunakan kayu secang bisa share juga disini.  
Semoga bermanfaat, Have a nice weekend :)

5 Responses to "Khasiat Kulit Secang Untuk Bayi"