DAUN BETADIN SEBAGAI OBAT LUKA RINGAN

Semangat pagi…
Semoga semangat hari terbawa sampai malam nanti, kali saya sedang bersemangat memposting sesuatu yang bertema agricultur. Ide ini dating dari keisengan saya mengamati tanaman-tanaman yang ada di rumah. Dari sekian banyak tanaman yang ada di pot, saya ingin berbagi tentang manfaat salah satunya.
Ini dia tanaman yang banyak dikenal orang dengan tanaman Herbal “Pohon Betadin”


Berawal dari pengalaman orangtua, awalnya tumbuhan ini hanya tumbuh dipojokan pekarangan rumah dengan jumlah sedikit, seolah-olah seperti tidak sengaja untuk ditanam oleh Si empunya rumah hehe..
Pengalaman ini saya dapatkan dari Bapak di rumah, Beliau bilang dengan getah betadin lebih cepat menyembuhkan luka dan luka menjadi lebih cepat kering. Dibandingkan dengan obat betadin cair, dengan getah daun lebih mujarab. Kata-kata Bapak pun saya buktikan, ketika mendapat musibah terjatuh dari motor, akibat bergulat dengan aspal :D jadilah banyak luka lecet dimana-mana, seketika saya praktekan ramuan daun betadin tersebut.
Nah berikut Cara mengobati luka dengan getah daun betadin
  1. mengambil satu batang daun betadin
  2. kemudian setelah luka  dibesihkan dengan air
  3. ujung batang yang terdapat getah dioleskan pada daerah yang luka
  4. Biarkan getah menempel hingga kering, keesokan harinya luka pun sudah kering
Meskipun luka yang kering menjadi berwarna hitam dan kaku, namun dengan cepat kulit yang kering akan terkelupas untuk kemudian digantikan dengan kulit yang baru.

Subhanallah,,,
Maha Suci Allah yang telah menciptakan semua makhluknya (manusia, hewan dan tumbuhan), dan Allah tidak minciptakan sesuatu pun di Dunia ini dengan sia-sia, semua pasti ada manfaatnya, begitupun dengan tanaman ini. Di dalam Al Qur’an banyak disebutkan tentang penciptaan makhluk di Dunia, diantaranya

أَوَلَمْ يَرَوْا إِلَى الْأَرْضِ كَمْ أَنْبَتْنَا فِيهَا مِنْ كُلِّ زَوْجٍ كَرِيمٍ

Artinya :
“Dan apakah mereka tidak memperhatikan bumi, berapakah banyaknya Kami tumbuhkan di bumi itu berbagai macam tumbuh-tumbuhan yang baik?” (QS. Asy Syu’ara : 7)

خَلَقَ السَّمَاوَاتِ بِغَيْرِ عَمَدٍ تَرَوْنَهَا ۖ وَأَلْقَىٰ فِي الْأَرْضِ رَوَاسِيَ أَنْ تَمِيدَ بِكُمْ وَبَثَّ فِيهَا مِنْ كُلِّ دَابَّةٍ ۚ وَأَنْزَلْنَا مِنَ السَّمَاءِ مَاءً فَأَنْبَتْنَا فِيهَا مِنْ كُلِّ زَوْجٍ كَرِي

Artinya :
“Dia menciptakan langit tanpa tiang yang kamu melihatnya dan Dia meletakkan gunung-gunung (di permukaan) bumi supaya bumi itu tidak menggoyangkan kamu; dan memperkembang biakkan padanya segala macam jenis binatang. Dan Kami turunkan air hujan dari langit, lalu Kami tumbuhkan padanya segala macam tumbuh-tumbuhan yang baik.” (QS. Luqman : 10)

Semoga Qta menjadi khalifah ang benar-benar dapat menjaga amanah untuk memanfaatkan dan menjaga bumi ini.

Selamat mencoba dan menanam Pohon Betadin, Lets Go Green \(^0^)/

4 Responses to "DAUN BETADIN SEBAGAI OBAT LUKA RINGAN"

  1. khasiatnya memang sudah terbukti.
    bagus untuk luka kecil. dan cocok untuk anak anak

    ReplyDelete
  2. Betul sekali, anak-anak jadi tidak takut kalau diobati dengan daun ini tidak seperti obat non alami atau salep lainnya.

    ReplyDelete
  3. bagi yang mempunyai pengalaman serupa, silahkan berbagi tentang pengalamannya menggunakan daun betadin :D

    ReplyDelete
  4. Ya betul sekali . Pada awalnya bapak saya yg menanam di pekarangan rumah .dan sya juga pernah mencoba dan benar sekali hasilnya luka lebih cepat kering.
    lambat laun setelah tau manfaatnya banyak tetangga kampung yg meminta . Dan sekarang pohon betadin udah tersebar di kampung saya ,
    bahkan di depan mushola juga sudah ada 2 pohon. Tujuanya untuk keperluan umum yg membutuhkan .

    ReplyDelete