Persiapan Ibadah Haji : Cek perlengkapan pribadi yang harus dibawa

Penggantian Kiswah Ka'bah-Hajj 1444H (dok.Pribadi)


Labbaik Allahumma Labbaik, Labbaika Laa Syariika Laka Labbaik. Innal hamda wanni’mata Laka walmulk laa syarikalak.

"Ya Allah, aku memenuhi panggilan-Mu, Ya Allah aku memenuhi panggilan-Mu, tidak ada sekutu bagi-Mu, sesungguhnya pujian dan kenikmatan hanya milik-Mu, dan kerajaan hanyalah milik-Mu, tiada sekutu bagi-Mu."

Begitulah lantunan kalimat talbiyah senantiasa berkumandang ketika sesorang menjalankan ibadah Haji. Haji merupakan rukun islam kelima yang wajib dijalankan bagi umat muslim yang mampu baik mampu secara fisik maupun finansial. Alhamdulillah, segala puji hanya bagi Allah SWT pada tahun 2023 Allah memperjalankan saya dan suami untuk dapat menunaikan rukun kelima ini. 

Setiap orang pasti mempunyai ceritanya sendiri tentang proses dan perjuangannya dalam menjalankan ibadah suci tersebut, baik itu sebelum berangkat atau jauh sebelum itu saat meniatkan diri mendaftar haji, kemudian cerita saat menjalankan ibadah haji selama kurang lebih 40 hari bagi haji reguler, serta kisah saat setelah kembali lagi ke tanah air dan keluarga. Semuanya akan memberikan kesan tersendiri baik secara hubungan dengan Allah SWT (hablum minallah) ataupun secara hubungan dengan manusia (hablum minannas). Dari pengalaman, kisah dan cerita itulah saya ingin berbagi beberapa hal yang khususnya persiapan perlengkapan pribadi yang bisa dijadikan referensi untuk dipersiapkan para calon jamaah haji.

Bagi jamaah haji yang akan menunaikan ibadah haji perlu mengetahui perlengkapan apa saja yang harus dibawa. Perlengkapan secara umum dan wajib yang sudah di dapatkan calon jamaah haji khususnya reguler adalah pakaian ihrom dan baju batik seragam dari kementerian agama. Untuk kain ihrom pastikan yang diterima adalah dua kain putih polos bagi laki-laki, serta jilbab putih atau mukena putih bagi perempuan (ini menyesuaikan perlengkapan yang diberikan oleh bank yang bekerjasama saat pendaftaran ya..). Selain perlengkapan tersebut, jamaah harus mempersiapkan secara pribadi barang yang perlu dibawa.

Koper haji tahun 2023


Membahas tentang perlengkapan haji, banyak hal yang harus dipersiapkan dan dipertimbangkan. Tidak hanya memikirkan apa saja barang yang harus dibawa tetapi juga harus mempertimbangkan kapasitas koper atau tas yang dapat menampungnya. Biasanya setiap jamaah haji akan mendapatkan satu koper besar yang diletakan di bagasi, satu koper kecil atau tas kecil untuk dibawa di kabin, dan ransel atau tas jinjing, serta tas leher untuk membawa paspor dan identitas jamaah. 

Untuk itu, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi pengalaman barang apa saja secara umum yang harus disiapkan : 
  1. Pakaian ihrom
  2. Pakaian ibadah harian
  3. Pakaian tidur/santai
  4. Pakaian dalam (kain dan disposable/sekali pakai)
  5. Peralatan Mandi (non-parfume)
  6. Peralatan Ibadah (Alat sholat + Al Qur'an+ Sajadah)
  7. Buku doa dan Panduan Ibadah Haji
  8. Obat-obatan (termasuk madu, minyak zaitun, dll)
  9. Peralatan cuci (sabun cuci, gantungan baju portabel, jepit jemuran)
  10. Sepatu dan Sandal yang nyaman
  11. Kacamata, topi
  12. Peralatan kesehatan (masker, hand sanitizer, botol semprot wajah, kantung urin)
  13. Handuk kecil
  14. Power bank (dengan kapasitas maksimal 20.000 mAh atau tidak lebih dari 100 watt hour dengan voltase 5V) 
  15. Stop kontak (dengan 2 atau 3 lubang)
  16. Charger HP
  17. Makanan tahan lama (abon, sambal sachet, dll)
  18. Botol minum/tumbler
  19. Sun screen, body lotion non-parfume
  20. Gunting rambut, gunting kuku
  21. Karpet lipat/matras sekali pakai (digunakan saat wukuf di arofah dan saat di musdalifah untuk mencari batu kerikil)

Catatan tambahan :
  • Setiap jamaah haji hanya diperbolehkan membawa koper kabin dengan berat maksimal 7 kg dan koper bagasi dengan berat maksimal 32 kg.
  • Barang-barang tajam seperti (gunting rambut, gunting kuku,) simpan pada koper besar yang masuk bagasi. Atau untuk keamanan, para jamaah juga bisa beli di toko-toko disekitar masjidil haram dan masjid nabawi.
  • Barang-barang yang dimasukan di tas/koper kecil diletakan di cabin adalah barang yang kecil-kecil, ringkas dan sering digunakan. Contohnya HP, charger, buku doa/panduan haji untuk dipelajari selama perjalanan, botol minum, dll.
  • Tas kecil berisi identitas seperti paspor dan identitas kesehatan selalu dibawa.
  • Untuk peralatan non-parfume dapat dibeli di toko yang menjual peralatan khusus haji dan umroh. 

Untuk perlengkapan lebih detailnya, teman-teman dapat membaca postingan saya tentang Perlengkapan haji untuk wanita dan Perlengkapan haji untuk pria. Bagi teman-teman yang ingin berbagi informasi seputar pengalaman ibadah haji dan persiapannya bisa berkomentar ya..

Bismillah, semoga siapapun yang mampir ke blog ini dan belum haji, saya doakan semoga Allah segera memudahkan teman-teman semua untuk dapat mengunjungi Baitullah. Dan bagi yang sudah pernah berhaji semoga menjadi haji yang mabrur dan mabruroh serta dapat men Tanah Sucikan Tanah Air kita, artinya kita dapat membawa kebiasaan dan kebaikan disana ke Tanah Air kita di kehidupan sehari-hari kita. Amin Ya Robbal 'alamin

Yakinlah, Allah akan memampukan orang yang terpanggil, jadi niatkan saja dulu mulai saat ini, InsyaAllah akan Allah tunjukkan jalan-jalan untuk menempuhnya.

0 Response to "Persiapan Ibadah Haji : Cek perlengkapan pribadi yang harus dibawa "

Post a Comment