Perlengkapan Haji untuk Wanita

Hajj 2023-dok.pribadi

Menunaikan rukun islam kelima yaitu Ibadah haji bagi setiap muslim merupakan sebuah perjalanan spesial yang waijb dipersiapkan dengan maksimal, baik persiapan lahir maupun batin. Persiapan lahiriah yang utama adalah kesehatan fisik yaitu dengan menjaga kondisi tubuh agar benar-benar mampu untuk menjalankan rangkaian ibadah haji, karena ibadah haji juga termasuk ibadah fisik sehingga faktor ini menjadi faktor utama bahkan pada tahun 2024 syarat kesehatan lebih diperketat.

Persiapan lahiriah lainnya tentu saja mempersiapkan segala perlengkapan selama menjalankan ibadah haji, dengan mengetahui perlengkapan yang benar-benar perlu dibawa untuk digunakan menjadi sangat penting, agar tidak kerepotan atau bingung selama beribadah disana.

Kali ini saya akan berbagi beberapa barang persiapan perlengkapan haji yang perlu disiapkan calon jamaah haji berdasarkan pengalaman saya pada Haji Tahun 2023. Jadi yang saya sampaikan ini murni subyektif ya teman-teman berdasarkan penalaman pribadi saya, karena saya merasakan saat itu ada beberapa barang yang harusnya saya bawa tapi tidak terpikirkan atau lupa, atau sebaliknya, barang yang sekiranya saya bawa secukupnya tadi tidak begitu digunakan. Maka saya coba rangkum beberapa barang prelengkapan Haji untuk wanita.

Perlengkapan Haji untuk Wanita
  1. Pakaian ihrom (2 pasang termasuk hijab/kerudung) 
  2. Pakaian harian (5 sampai 6 pasang termasuk hijab/kerudung), tips dari saya pilih pakaian yang longdress atau gamis agar lebih praktis dan berbahan nyaman menyerap keringat. tips berikutnya, usahakan setiap pakaian sudah dipasangkan dengan hijab/kerudungnya untuk memudahkan pemakaian.
  3. Legging atau dalaman celana 
    • note: ini dianjurkan khususnya saat menggunakan baju berwarna putih agar tidak menerawang dan nyaman
  4. Ciput (dalaman hijab)
  5. Jilbab sesuai jumlah baju yang dibawa 
    • note: usahakan pakai jilbab/hijab/kerudung yang instan agar lebih praktis. Jangan lupa juga pilih bahan yang nyaman dan menyerap keringat.
  6. Pakaian tidur 3 
  7. Pakaian dalam (sejumlah baju yang dibawa), bawa juga celana dalam sekali pakai, ini sangat bermanfaat saat menjalankan rukun haji.
  8. Peralatan sholat (mukena, sajadah, Al-Qur'an, buku doa dan tuntunan haji)
  9. Manset / penutup tangan, kaos kaki
  10. Peralatan mandi (handuk,dll)
  11. Sun screen pelindung wajah non parfume 
  12. Lotion non-parfume, lip balm non parfume
  13. Pantyliners, pembalut 
  14. Skin care standar
  15. Obat-obatan 
    • note: Selain obat-obatan yang diberikan dari kementerian, jamaah juga wajib membawa obat-obatan pribadi
  16. Kaca mata, topi
  17. Peralatan cuci (sabun cuci, gantungan baju portabel)
  18. Sepatu dan sandal yang nyaman
  19. Peralatan kesehatan (masker, hand sanitizer, botol semprot wajah, kantung urin)
  20. Power bank dengan watt rendah, stop kontak 3 lubang
  21. Charger HP
  22. Makanan tahan lama (abon, sambal sachet, dll)
  23. Botol minum/tumbler
  24. Gunting rambut, gunting kuku
  25. Karpet lipat/matras sekali pakai (digunakan saat wukuf di arofah dan saat di musdalifah untuk mencari batu kerikil)

Bagi jamaah yang haji bersama suami atau mahromnya, beberapa barang bisa dibawa salah satu untuk digunakan bersama/bergantian seperti gunting, karpet, makanan, sabung cuci,dll.

Demikian beberapa perlengkapan yang menurut saya pribadi sudah cukup praktis dibawa bagi jamaah wanita. Jika ada perlengkapan sehari-hari yang memang biasa digunaka selain yang saya sebutkan bisa juga dibawa ya, yang penting koper cukup dan tidak memberatkan.
Semoga bemanfaat 

0 Response to "Perlengkapan Haji untuk Wanita"

Post a Comment